Menjelajahi Indahnya Obyek Wisata Goa Pinus Malang

Menjelajahi Indahnya Obyek Wisata Goa Pinus Malang

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota Malang ? pasti kamu sudah kenal dengan kota yang satu ini karena banyaknya tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Salah satu tempat wisata menarik yang bisa menjadi referensi ketika kamu liburan adalah Goa Pinus Malang.  Pemandangan hutan pinus dan udara sejuk menjadi daya tarik dari wisata yang satu ini. Disini juga terdapat gardu pandang yang menghadirkan pemandangan kota Batu dan Gunung Arjuna yang sudah disiapkan.

Lokasi Goa Pinus berada di Jln.Paralayang, kawasan Pujon, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiani, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju Goa Pinus, sebenarnya gampang-gampang susah. Rute menuju Goa Pinus Malang berjarak sekitar 11,6 km dari pusat kota Batu. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan  mobil atau sepeda motor. Lokasi wisata Goa Pinus searah dengan obyek wisata Paralayang dan Omah Kayu. Namun untuk menuju ke tempat wisata Goa Pinus, di pertigaan sebelum naik ke obyek wisata Paralayang, sebelah kiri jalan nanti akan ada petunjuk jalan bertuliskan “Goa Pinus”. Kamu bisa mengikuti sejumlah rambu petunjuk arah  menuju Goa Pinus atau kamu bisa tanya pada penduduk sekitar jika kebingungan. Akses ke wisata Goa Pinus sekarang ini sudah beraspal, namun ada beberapa jalan yang aspalnya rusak sehingga kamu harus lebih berhati-hati  saaat melewatinya ya! Dalam perjalanan menuju Goa Pinus, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pemandangan hijau di sisi kanan dan kiri jalan.

READ  Sejuknya Alam Bandung Dengan Wisata Alamnya

Goa Pinus memiliki tinggi kurang lebih 1 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter saja, sehingga para wisatawan harus membungkukkan badan ketika akan masuk ke dalam Goa Pinus. Goa ini memiliki panjang 5 meter sehingga perjalanan  pun terasa sangat singkat. Tempat wisata ini dulunya merupakan bekas penambangan pasir yang sudah lama ditinggalkan. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini disulap oleh pemerintahan dan masyarakat menjadi obyek wisata keren yang mampu menarik banyak wisatawan. Sebelum diolah pun hutan pinus sudah memiliki keindahan alami tersendiri. Tetapi, masyarakat akhirnya mengembangkan obyek wisata yang satu ini menjadi lebih keren dan kreatif lagi. Goa Pinus bukan seperti goa-goa pada umumnya yang memiliki stalagmit dan stalagtit, melanikan di dalamnya  terdapat spot foto-foto dan omah kayu khas hutan. Nah buat kamu yang ingin mencari spot foto yang keren-keren, Goa Pinus menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Obyek wisata hutan pinus berada di dataran tinggi dan lokasinya juga tidak jauh dari obyek wisata lainnya. Dari gardu pandang yang sudah disiapkan, kamu bisa melihat pemandangan yang menajubkan dari atas ketinggian. Walaupun masi tergolong baru, obyek wisata yang satu ini sudah banyak menarik pengunjung apalagi karena tempatnya memang pas banget untuk jadi spot-spot foto instagramable. Pengunjung bisa berfoto di deretan rumah Honai, struktur kayu unik di gerbang  masuk, hingga kapal yang terbuat dari kayu yang letaknya di ketinggian. Nah di wisata Goa Pinus juga terdapat replikasi rumah Papua yang merupakan salah satu spot menarik disini. Bentuk rumahnya kecil dan terbuat dari kayu dilengkapi dengan atapnya yang bulat sehingga terlihat mirip dengan yang aslinya. Nah di rumah Papua ini, kamu bisa mengambil foto dan berselefi ria bersama sahabat, keluarga, dan kerabat. Berfoto dari sisi manapun akan tetap terlihat keren dan menarik deh!

READ  Sejuknya Alam Bandung Dengan Wisata Alamnya

Fasilitas disini juga sudah lengkap lho! Ada kafe yang bernuansa alam yang bisa kamu kunjungi. Selain menikmati menu makanan dan minuman yang ditawarkan di kafe tersebut, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar.  Fasilitas seperti toilet pun juga pasti ada disini. Oh iya area parkir yang disediakan disini juga sangat luas sehinggga menjadi kepuasan lebih pada para pengunjung dan tarif parkirnya sebesar 10 ribu per kendaraan. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau lho! Yaitu sebesar 10 ribu saja per orangnya. Namun, kalau ingin berfoto di spot foto yang disediakan, dikenakan biaya tambahan sebesar 5 ribu. Tempat wisata Goa Pinus Malang buka setiap harinya mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai wisata Goa Pinus Malang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengunjungi kota Batu Malang khususnya  wisata Goa Pinus.

You May Also Like

About the Author: detroni