Rasakan Pengalaman Seru Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Belum lengkap jika ke Banjarmasin tidak mampir ke Pasar Terapung Lok Baintan. Dinamakan pasar terapung karena proses tranksasi jual-belinya dilakukan di perahu-perahu yang mengapung diatas sungai, berbeda dari pasar-pasar pada umumnya. Masyrakat disini juga sudah terbiasa berbelanja di pasar yang mengapung diatas sungai. Sebenarnya ada tiga pasar terapung di Kalimantan Selatan, namun yang paling terkenal ialah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar terapung ini bahkan termasuk objek wisata budaya di Banjarmasin yang merupakan salah satu ikon kota Banjaramasin.

Lokasi pasar ini terletak di Desa Sungai Pinang, sepanjang Sungai Martapura, Kecamatan Sungai Tambuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pasar terapung Lok Baintan sudah berjalan sedang zaman Kesultan Banjar dan sekarang pun masih menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal hingga mancanegara. Lokasi pasar terapung ini berada agak masuk ke tengah pedalaman. Panorama disekitarnya pun masih sangat asri, kita juga tidak terganggu oleh lalu lintas kapal-kapal besar. Terdapat juga sebuah jembatan gantung yang membentang dari masing-masing tepian sungai. Kamu bisa mengabadikan momen-momen unik dari pasar terapung.

Jam operasional dan akses menuju Pasar Terapung Lok Baintan

Aktivitas perdagangan di pasar terapung Lok Baintan sudah dimualai saat subuh di pagi buta. Bagi kamu yang ingin berbelanja ke pasar ini harus datang pagi-pagi ya, karena pasar ini hanya akan buka dari pukul 6 pagi sampai pukul 9 pagi saja. Jangan lupa untuk membawa uang tunai yang cukup karena akan ada banyak makanan dan barang-barang yang membuatmu tergiur. Untuk akses menuju pasar terapung Lok Baintan, bisa menggunakan dua jalur yaitu jalur sungai ataupun jalur darat dengan kendaraan umum atau pribadi.

1. Akes pertama yaitu lewat sungai

Akses Lewat sungai bisa kamu tempuh menggunakan klotok(perahu motor khas Banjar) yang ada di sekitar Sungai Martapura. Dari pusat kota Banjarmasin, perjalanan bisa kamu tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan perahu klotok. Kamu bisa menngunakan salah satu dermaga kayu yaitu dermaga Masjid Sungai gardu yang berlokasi di jalan Veteran. Waktu terbaik keberangkatan yaitu sekitar jam 5 pagi. Nantinya kamu akan menyelusuri sungai menggunakan kapal klotok hingga ke arah hulu sungai.

2. Akses kedua yaitu lewat jalur darat

Lewat jalur darat kamu bisa menempuhnya menggunakan kendaran pribadi roda dua ataupun kendaraaan umum. Nah jika kamu memilih menggunakan kendaraan umum, kamu bisa datang ke terminal induk Banjarmasin yang letaknya ada di Jl. Ahmad Yani lalu naik jurusan Sungai Tabuk. Nah perjalanan ini akan ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Di beberapa rute perjalanan terdapat jalan yang berlubang, namun kamu masih bisa melewatinya.
Beragam dagangan dijual di pasar terapung Lok Baintan

Untuk jenis dagangan, banyak sekali yang diperjualbelikan di pasar Lok Baintan. Ada buah-buahan, sayur, ikan segar, hingga kerajinan tangan yang cantik-cantik. Terdapat buah-buahan khas Kalimantan yang tidak dapat kamu temukan di pasar-pasar lain, ada buah mentega, mundar, dan katsuri. Nah jika musim panen sudah tiba, pedagang di pasar ini akan semakin bertambah jumlahnya. Selain musim panen, pasar ini juga akan ramai setiap hari Jumat. Banyak pedagang yang menjual berbagai makanan khas banjar, seperti kue-kue khas banjar, soto banjar, dan ketupat kandangan. Kamu bisa merasakan sensai makan soto banjar diatas perahu klotok yang bergoyang-goyang.

Keunikan dan keseruan berbelanja di Pasar Lok Baintan

Kamu bisa memilih berbelanja menaiki perahu klotok, atau jika kamu takut menaiki perahu, bisa berbelanja dari pinggi-pinggir sungai. Kebanyakan yang berjualan di pasar terapung ini adalah ibu-ibu, atau bahas banjarnya biasa dipanggi acil. Nah tradisi jual beli disini terbilang unik, yaitu ketika para acil menjual dagangannya, mereka akan mengatakan “dijual ya”, sedangkan pembelinya harus menjawah dengan mengatakan “dibeli ya”. tranksasi perdagangan disini juga tidak selalu dengan uang tunai, sesama pedagang masih memakai sistem barter yaitu tukar-menukar barang. Pedagang disini pun ramah-ramah dalam menawarkan jualannya.

Waktu terbaik mengunjungi pasar terapung Lok Bainten

Waktu terbaik datang ke pasar ini ialah pada saat hari Jumat, yaitu hari pasar. Pasar terapungini tidak hanya dipenuhi wisatawan lokal saya, melainkan wisatawan mancanegara kerap kali mengunjungi pasar terapung ini. Nah kamu bisa melihat langsung aktivitas jual-beli di pasar ini dengan menaiki perahu klotok yang dapat kamu sewa. Kamu akan mendapat pengalaman baru berkeliling pasar menaiki perahu menyusuri sungai.
Nah itulah dia penjelasan mengenai serunya berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan. Dijamin deh pengalaman serumu akan semakin bertambah! Penasaran sama uniknya pasar terapung khas Banjar ini? Yuk rencanakan liburanmu berkunjung ke Pasar Terapung Lok Bainten. Info lengkapnya bisa kunjungi blog wisata ini.

About the Author: Admin